Lebih Tahu Tentang SQ3R - Metode Mengajar Reading
Postingan kali ini penulis
ingin berbagi materi mengenai salah satu metode yang digunakan untuk mengajar
Reading. Sebelumnya penulis mendapat tugas mata kuliah tentang How to Teach
Reading. Disini penulis menerapkan metode SQ3R untuk mengajar reading dan
ternyata hasilnya cukup efektif untuk para siswa.
Kemudian muncul pertanyaan, apa
itu SQ3R ..? SQ3R sendiri merupakan akronim dari Survey, Question, dan 3R untuk Read, Recite dan Review. SQ3R adalah metode membaca yang terdiri atas langkah-langkah dasar dalam
belajar dengan cara yang efisien.
Implementasi dari metode ini terdiri dari lima
langkah, berikut sedikit penjelasan mengenai SQ3R :
Survey
Langkah ini merupakan langkah
pertama yang dilakukan para pembaca atau para siswa sebelum memulai membaca. Langkah ini dimulai dengan
cara melihat seluruh teks, lihat apa judul dari bacaan tersebut, dan hal ini akan mengarahkan siswa/pembaca
tahu mengenai apa yang akan dibaca dengan cara memeriksa pengenalan dan ringkasan paragraf, referensi, dan lain-lain.
Question
Pada Langkah ini, para pembaca
atau para siswa dituntut untuk bisa bertanya pada diri sendiri teks tersebut mengenai apa, bagaimana, kenapa, dsb. mengenai konteks teks bacaan. Jadi pada tahapan ini siswa bisa dibimbing untuk mempertanyakan
teks yang dibaca sehingga mereka bisa mencari tahu lebih dalam lagi mengenai
teks tersebut.
Read
Selanjutnya, para siswa membaca paragraf yang ditugaskan dengan meninjau kembali dan mencoba
untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkembang dilangkah sebelumnya. Siswa harus merevisi pertanyaan yang
diperlukan atau membuat pertanyaan baru yang muncul selama
mereka membaca. Bagian ini membutuhkan konsentrasi
tinggi dan waktu yang cukup bagi siswa.
Recite /write
Pada tahap ini, siswa dituntut untuk
menuliskan kembali kata kunci yang meringkas poin utama dari bagian teks/paragraf tersebut dan jawab pertanyaan yang ada dalam teks. Hal yang lebih terpenting adalah siswa diharapkan untuk menggunakan kata-katanya sendiri dan bukan hanya sekedar menyalin kalimat dari teks.
Review
Langkah selanjutnya siswa memiliki daftar kata kunci yang menyediakan semacam garis
besar untuk teks, uji para siswa dengan menutupi kata kunci dan lihat seberapa baik siswa dapat mengingat kata kunci tersebut. Langkah ini harus siswa lakukan setelah siswa
selesai membaca teks. Jika siswa tidak dapat mengingat salah
satu poin utama dari
yang siswa buat, itu berarti adalah bagian yang siswa butuhkan untuk membaca ulang.
Dengan metode ini diharapkan
para siswa mampu menguasai materi atau konteks bacaan yang dibaca kemudian mampu
menjawab setiap pertanyaan yang diajukan yang berkaitan dengan soal bacaan
tersebut. Bila dilakukan dengan baik dan secara terus menerus, bukan tidak mungkin
setiap siswa mampu menguasai reading
comprehension yang sangat baik.
Demikian pembahasan mengenai
SQ3R. Semoga bermanfaat. :)
Komentar
Posting Komentar