Lebih Tahu Tentang SQ3R - Metode Mengajar Reading



Postingan kali ini penulis ingin berbagi materi mengenai salah satu metode yang digunakan untuk mengajar Reading. Sebelumnya penulis mendapat tugas mata kuliah tentang How to Teach Reading. Disini penulis menerapkan metode SQ3R untuk mengajar reading dan ternyata hasilnya cukup efektif untuk para siswa.

Kemudian muncul pertanyaan, apa itu SQ3R ..? SQ3R sendiri merupakan akronim dari SurveyQuestion, dan 3R untuk ReadRecite dan ReviewSQ3R adalah metode membaca yang  terdiri atas langkah-langkah dasar dalam belajar dengan cara yang efisien. 

Implementasi dari metode ini terdiri dari lima langkah, berikut sedikit penjelasan mengenai SQ3R :

Survey

Langkah ini merupakan langkah pertama yang dilakukan para pembaca atau para siswa sebelum memulai membaca. Langkah ini dimulai dengan cara melihat seluruh teks, lihat apa judul dari bacaan tersebut, dan hal ini akan mengarahkan siswa/pembaca tahu mengenai apa yang akan dibaca dengan cara  memeriksa pengenalan dan ringkasan paragraf, referensi, dan lain-lain.

Question

Pada Langkah ini, para pembaca atau para siswa dituntut untuk bisa bertanya pada diri sendiri teks tersebut mengenai apa, bagaimana, kenapa, dsb. mengenai konteks teks bacaanJadi pada tahapan ini siswa bisa dibimbing untuk mempertanyakan teks yang dibaca sehingga mereka bisa mencari tahu lebih dalam lagi mengenai teks tersebut.

Read

Selanjutnya, para siswa membaca paragraf yang ditugaskan dengan  meninjau kembali dan mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkembang dilangkah sebelumnya. Siswa harus merevisi pertanyaan yang diperlukan atau membuat pertanyaan baru yang muncul selama mereka membaca. Bagian ini membutuhkan konsentrasi tinggi dan waktu yang cukup bagi siswa.

Recite /write

Pada tahap ini, siswa dituntut untuk menuliskan kembali kata kunci yang meringkas poin utama dari bagian teks/paragraf tersebut dan jawab pertanyaan yang ada dalam teks. Hal yang lebih terpenting adalah siswa diharapkan untuk menggunakan kata-katanya sendiri dan bukan hanya sekedar menyalin kalimat dari teks.

Review

Langkah selanjutnya siswa memiliki daftar kata kunci yang menyediakan semacam garis besar untuk teks, uji para siswa dengan menutupi kata kunci dan lihat seberapa baik siswa dapat mengingat kata kunci tersebutLangkah ini harus siswa lakukan setelah siswa selesai membaca teks. Jika siswa tidak dapat mengingat salah satu poin utama dari yang siswa buat, itu berarti adalah bagian yang siswa butuhkan untuk membaca ulang.

Dengan metode ini diharapkan para siswa mampu menguasai materi atau konteks bacaan yang dibaca kemudian mampu menjawab setiap pertanyaan yang diajukan yang berkaitan dengan soal bacaan tersebut. Bila dilakukan dengan baik dan secara terus menerus, bukan tidak mungkin setiap siswa mampu menguasai reading comprehension yang sangat baik.


Demikian pembahasan mengenai SQ3R. Semoga bermanfaat. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengganti Wallpaper di iPhone

Istilah-Istilah Format File Extension Gambar

Tutorial Screen Recording ( Rekam Layar ) di iOS 11